Minggu, 17 November 2013

Jakarta Masih Banjir, Jokowi Berencana Panjat Monas

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo berencana memanjat monumen nasional (Monas) pada 8 Desember mendatang. Jika tidak ada halangan, aksi ini akan dilakukan bersama Sabar Gorki (45) atlet panjat tebing berprestasi internasional.

Jokowi -sapaan akrabnya, mengaku tidak asing dengan dunia panjat-memanjat. Sebab, dia berpengalaman mendaki gunung. Namun, kata Jokowi, teknik mendaki gunung berbeda dengan memanjat Monas. Meski demikian, Jokowi merasa memiliki basic memanjat. "Tapi itu dulu, waktu masih muda," katanya di Balaikota, kemarin.

Adapun pendampingnya, Sabar Gorky, sudah tidak diragukan lagi sebagai pemanjat tebing. Sejumlah rekor memanjat pun telah ia torehkan. Terakhir, Sabar mengikuti ajang memanjat internasional, IFSC World Climbing Championship di Paris pada 2012 lalu. Di kejuaraan tersebut Sabar menempati posisi keempat

Diakui Sabar, dirinya memilih Monas karena merupakan ikon Jakarta. Pria yang kehilangan kaki kanannya akibat jatuh dari kereta ini berpendapat, kegiatannya sebagai bentuk dukungan dan semangat kepada warga Jakarta. Selain itu dirinya juga ingin bisa menjadi inspirasi bagi orang lain. "Saya minta izin, nanti 8 Desember mau manjat Monas. Alhamdulillah diizinkan sama Pak Jokowi," kata Sabar.

Di lain sisi, pada bulan Desember mendatang, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi sebagai puncak musim penghujan. Untuk mencegah Jakarta kembali tenggelam, Pemprov DKI mulai melakukan berbagai persiapan.

"Oktober sampai November sudah mulai hujan sedikit-sedikit. Gedenya bulan Desember dan Januari," ujar Gubernur Jokowi di Balai Kota Jakarta, Jumat (27/9) lalu.

Berdasarkan data Pusdalops BPBD Provinsi DKI Jakarta, Jumat 15, s/d Sabtu, 16/11/2013 dari pukul 22.30 WIB s/d pukul 08.00 WIB, sejumlah lokasi masih tergenang.

Wilayah yang tergenang terdapat di 3 Kecamatan ; 4 Kelurahan ; 15 RW ; 64 RT ; 1.506 KK ; 4. 142 Jiwa terkena dampak genangan.

Adapun sebaran wilayahnya dan perinciannya adalah ;

JAKARTA TIMUR :
Kec. Jatinegara : Kel. Kp. Melayu, Genangan 30 รข€“ 70 cm
Jumlah : 7 RW, 36, RT, 952 KK, 2.620 Jiwa,
Radius 15 meter dri bantaran kali, Pengungsi nihil
Kel. Bidara Cina, genangan 10-40 cm
Jumlah : 5 RW, 17 RT, 325 KK, 1.120 Jiwa, Pengungsi nihil

JAKARTA SELATAN :
Kec. Kemayoran Lama, Kel. Pondok Pinang, genangan 10 cm
Jumlah : 1 RW, 8 RT, 44 KK, 175 Jiwa, Pengungsi nihil

JAKARTA BARAT :
Kec. Kembangan, Kel. Kembangan Utara, genangan 10 cm
Jumlah : 2 RW, 3 RT, 85 KK, 227 Jiwa, Pengungsi nihil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar