Minggu, 17 November 2013

Sehari, 75 Mobil Baru Sumbang Kemacetan di Jakarta

Kemacetan lalulintas di DKI Jakarta tak bisa dilepaskan dari penambahan kendaraan bermotor. Berdasarkan data Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya setidaknya terdapat 75 unit permohonan kepemilikan baru.

"Dari data yang didapat, untuk pemohon pengajuan mobil baru ada 75 unit per harinya," kata Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Sambodo, Sabtu (16/11).

Sambodo mencatat, peningkatan jumlah kendaraan terjadi selama tiga tahun terakhir. Pada tiga tahun lalu jumlah kendaraan untuk wilayah Ibukota tercatat sebanyak 11 juta unit. Saat ini, jumlah kendaraan yang terdaftar di Polda Metro Jaya mencapai sekitar 15 juta unit.

"Pertumbuhannya cukup pesat, tapi tak diimbangi dengan pertumbuhan jalan yang signifikan," kata Sambodo.

Menurut Sambodo, peningkatan jumlah kendaraan baru tidak sejalan dengan pertumbuhan jalan yang setiap tahunnya hanya bertambah 0,01 persen. Saat ini, panjang jalan di Jakarta tercatat 7.650 kilometer dan luas jalan 40,1 persen.

"Jadi kemacetan yang parah akhir-akhir ini bukan dari sterilisasi (busway), tapi jumlah kendaraan dan perjalanan di Jakarta semakin meningkat," jelasnya. (ag)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar